Selasa, 09 Oktober 2012

PPD


MAKALAH
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

Prinsip Dasar Perkembangan Dan Pribadi











By

1.     Aris Pujianto (2109100179)
2.     Wahyudi (2109100049)


ENGLISH EDUCATION PROGRAM
FACULTY OF TEACHERS’ TRAINING AND EDUCATION SCIENCE
GALUH UNIVERSITY
2011

KATA PENGANTAR



Segala puji bagi Tuhan Yang Maha Esa yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.

Makalah inni disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang salah satu materi ,yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini disusun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya Makalah ini dapat terselesaikan.

Makalah ini memuat tentang “Prinsip Dasar Perkembangan Pribadi”.

Penyusun juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membimbing penyusun agar dapat menyelesaikan makalah ini .

Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan  penyusun mohon untuk saran dan kritikannya.



Terima kasih

                                                                                                                        Penyusun

















i
Daftar Isi


Kata Pengantar .....................................................................................................i
Daftar Isi...............................................................................................................ii


BAB I  Pendahuluan
            a.Latar Belakang Masalah……………………………………................iii
            b.Tujuan……………………………………………………....................iii

Prinsip Dasar Perkembangan pribadi.....................................................................1
2.1  Pengertian Perkembangan...................................................................2
2.2  Prinsip-prinsip pertumbuhan dan perkembangan................................2
2.3 Proses
            2.4 Beberapa model pentahpan (stages) perkembagan perilaku dan                                 karakteristikanya.................................................................................3
            2.5 Aspek-aspek perkembangan prilaku pribadi.......................................4
a. Perkembangan Fisik........................................................................4
2.6 Perkembangan Fisiologis.....................................................................4
2.7 Proses dan Jalan nya Perkembangan fisik............................................5
       a. Perkembangan Motorik...................................................................5
b . Bermain dan Bekerja......................................................................6


BAB II  Penutup....................................................................................................7



         















ii

BAB l
PENDAHULUAN

a.Latar Belakang Masalah  
                        Perkembangan adalah Perubahan yang di alami oleh setiap individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya (matury) yang berlangsung secara otomatis atau progresif dan berkesinambungan.

b. Tujuan
              Tujuan dalam pembuatan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan dan diharapkan bermanfaat bagi kita semua.







BAB 2
PEMBAHASAN
PRINSIP DASAR PERKEMBANGAN PRIBADI

2.1 Pengertian Perkembangan
            Perkembangan adalah Perubahan yang di alami oleh setiap individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya(matury) yang berlangsung secara otomatis atau progresif dan berkesinambungan.
Beberapa istilah perkembangan :
1.Perkembangan(Development)
2.Pertumbuhan (Growth)
3.Kematangan (rasa peka/marutation)
4.Belajar (Learning)
5.Pendidikan (Education)
Pengertian :
a).Pertumbuhan        : Perubahan secara kuantitatif pada segi jasmani(fisik)
b).Kematangan         : Menunjukan kepada waktu masa tertentu yang merpakan                    titik kulminasi suatu proses  perkembangan.
c).Belajar (learning)  : Perubahan alam sambutan pola prilaku dan objek-objek                                 kepribadian tertentusebagi hasil usaha maupun yang                                 berkaitan.
Menurut pendapat Lefranlois(1975) Pekembangan secara makna lebih luas mencakup segi kuantitatif dan kuantitutif secara aspek psikis.
Manifestasi perkembangan
Perubahan aspek fisik:
              - pertumbuhan badan
              - pertumbuhan berat badan
              - tumbuh gigi
              - tumbuh bulu-bulu
Hal tersebut di manifestasikan kedalam bentuk atau wujud, baik tingkah laku, untuk:
              -perkembangan preseptual
              -perkembangan penguasaan kontrol motorik
              -perkembangan penguasaan keterampilan mental psikis
              -perkembangan penguasaan bahasa dan prlaku
Cara pendekatan ;
          *Pendekatan Longitudianal : untuk memhami perkembangan prilaku
          *Pendekatan cross longitudinal : untuk memhami suatu objek atau sejumlah   aspek secara serempak.

2.2 Prinsip-prinsip pertumbuhan dan perkembangan
       Proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada individu mengikuti beberapa prinsip sebagai berikut ;
       1. Perkembangan itu berlangsung dalam kontinuitas yang berarti bahwa                                   perkembangan dan pertumbuhan tidak terputus-putus jalanya.
       2. perkembangan berlangsung dalam urutan yang terpola yang berarti bahwa                           perkembangan mengikuti pola-pola tertentu.
       3 .irama dan tempo perkembangan bersifat individual
       4. perkembangan bergerak dari yang umum ke khusus
       5. hasil prosses belajar tergantung pada kematangan yang dicapai dan lain-lain

2.3  Proses dan factor-faktor yang mempengaruhi perkembangan prilaku dan                        pribadi.
       Secara factual perkembangan bukan dimulai sejak kelahiran seseorang dari rahim  ibunya  melainkan sejak terjadi kontrasepsi yaitu saat berlangsungnya pembuahan atau perkawinan (pertemuan sperma dan sel telur atau opum).yang menghasilkan benih manusia (zygote) yang kemudian berkembang menjadi janin(embrio) sebagai calon (prototype) amnesia yang dikenal sebagai petus(bayi dalam kandungan).
       Ada 3 faktor yang mempengaruhi proses perkembangan individu ialah factor pembawaan (heribity) yang bersifat alamiah (nature), factor lingkungan (inveromen) yang merupakan kondisi yang memungkinkan berlangsungnya proses perkembangan (nature) dan factor waktu (time) yaitu saat tiba masa peka dan pematagan (naturaion).ketiga factor dominan itu dalam proses berlangsungnya individu berperan secara interaktif yang dapat dijelaskan secara fungsisonal dan regional.
       Pada individu yang tergolong normal pada umumnya perkembangan maju pesat sampai usia 15 tahun ,dimana titk optimal kedewasaan perkembangan fungs-fungsi fisik dan psikis (intelektual) ,kemungkinan perkembangan selanjutnya;
  a.  kemungkinan pertama, mereka tidak memperoleh kesempatan belajar atau                                melatih fungsi-fungsinya (terutama segi intelektual) maka kemampuanya                            kemampuanya cenderung tidak berkembang lagi sampai usia empat puluh                              tahunan,sehingga tidak kurang menuju jumlah menuju pikun pada hari           tuanya.
  b.  kemungkinan kedua,bagi mereka yang bernasib baik untuk                                              memperolehkesempatan belajar atau melatih fungsi-fungsi psikofisiknya                           lebih lanjut,maka perkembangan kemampuan fungsi-fungsi masih ada                                     baiknya sampai usia empat puluh tahunan,namun selanjutnya setelah dijalani                            usia tersebut tidak berkesempatan belajar  melainkan hanya bekera rutin dan                                    monoton,maka cenderung untuk berada pada titik jenuh tersebut dan tidak                           berkembang lagi.

2.4  Beberapa model pentahapan (stages) perkembangan perilaku dan                           karakteristikanya.
       Perkembangan mengandung makna sistematik,progresif dan berkesinambungan :
       1.    Bahwa perubahan yang terjadi bersifat maju meningkat dan                                                 mendalam/meluas baik secara kuantitatif maupun secara                                                                 kualitatif(prinsip progresif).
       2.    Bahwa perubahan yang terjadi antar bagian atau fungsi organisme itu       terdapat intervendensi sebagai kesatuan integral yang harmonis(prinsip sistematik).
       3.    Bahwa perubahan pada bagian atau fungsi organisme secara berturan dan             bertahap sesuai dengan masa perkembangan(prinsip kesimambungan).

Contoh Model Pentahapan (stages) dari prose perkembangan  menurut Witherington(1952) :
Nama Tahapan
Waktu
Indikator
1
2

3

4

5
6
0,0-3,0 tahun
3,0-6,0 tahun

6,0-9,0 tahun

9,0-12,tahun

12-15,tahun
15-18,tahun
Perkembangan fisik pesat
Perkembangan mental pesat
Perkembangan social pesat
Perkembangan sikap individu
Awal penyesuaian social
Awal pilihan kecenderungan pola hidup yang akan diikuti sampai dewasa

2.5  Aspek-aspek perkembangan prilaku pribadi
Perkembangan fisik dan Anatomis
a.Perkembangan Fisik
       Awal dari perkembangan pribadi seseorang pada saatnya bersifat biologis (Alport : 1957) dalam taraf perkembangan selanjutnya, normalitas,struktur dan kondisi jasmaniah seseorang akan mempengaruhi normalitas kepribadianya. Khususnya yang bertalian dengan masalah boy image,self concept,self ekstern dan rasa harga dirinya.
b.Perkembangan Anatomis
       Perkembangan anatomis ditunjukan dengan adanya perubahan  kuantitas pada struktur tulang-belulang , indek tinggi badan, proporsi tinggi kepala dengan fungsi garis ketegapan badan secara keseluruhan.

2.6  Perkembangan Fisiologis
              Perkembangan fisiologis ditandai dengan adanya perubahan-perubahan secara kuantitatif,dan fungsional dari system-sistem kerja hayati,seperti kontraksi otot,peredaran darah dan pernafasan,persyarafan,sekresi kelenjar,dan pencernaan.
1).otot sebagai pengontrol motorik proporsi bobotnya 1:5 pada bayi dan kanak-kanak.masa remaja menjadi 1:3,kemudian dewasa menjadi 2:5.
2).Denyut  jantung, frekuensinya pada masa bayi 140/menit.dan meningkatnya usia maka frekuensi semakin berkurang.
3).Presentase tingkat kesempurnaan perkembangan secara fungsional dari cortex(bagian otak) sebagi pusat susunan syaraf  yang mempunyai fungsi pengontrol kegiatan organisme : Infragranatural (pengontrol refleks) mencapai 80%,Granular(pengontrol pengindraan) mencapai 75%,Supraganular(erat hubunganya dengan intelegensi) baru 50%.
4).Keaktifan dan kematangan sekresi kelenjar tubuh yang berupa Liphatic(pembasmi bakteri,dll) aktif dan berkembang pesat sampai usia 12 tahun.kemudian berkurang (bahkan tidak aktif seiring bertmbahnya usia.
     Seandainya terjadi kelainan pada segi-segi fisiologis, inipun akan berpengaruh
     atas karakteristik prilaku indvidu yang bersangkutan.

2.7 Proses dan jalanya perkembangan fisik.
              Perkmbangan fisik berlangsung mengikuti prinsip-prinsip cepalo-caudal
(mulai dari bagian kepal menuju ekor atau kaki) dan  proximodistal (mulai dari
tengah ketepi atau samping).
              Laju perkembangan berjalan secara berirama, pada masa bayi dan kanak-kanak perubahan fisik sangat pesat,pada usia sekoalah menjadi lambat, dan mulai masa remaja amat mencolok.Kemudian pada permulaan remaja bagi perempuan (akhir), dan penghujung remaja bagi laki-laki, perkembangan menurun sangat lambat.
a.Perkembangan motorik
       Prilaku motorik memerlukan adanya koordinasi fungsional diantara neuromuscular system(persyarafan dan otot) dan fungsi psikis (kognitif, afektif, dan konatif).
       Ada dua macam prilaku utama yang bersifat universal yang harus dikuasai oleh setiap individu pada masa bayi awal masa kanak-kanak yaitu :
-          Berjalan dan memegang benda
-          Bermain dan bekerja
       Dua prinsip perkembangan utama yang nampak dalam semua bentuk prilaku psikomotorik ialah bahwa :
-          Perkembangan itu berlangsung dari yang sederhana menuju kepada hal yang komplek
-          Dari yang kasar dan global
-          Kepada yang halus dan spesifik dan terkoordinasi
       Keterampilan  berjalan diawali dengan gerakn-gerakan psikomotor dasar (locomotion) yang harus dikuasai selama tahun pertama dari kehidupanya.
       Perkembangan psikomotor dasar itu berlangsung secara berurutan sebagai berikut  :
Keterampilan berguling (roll over) dari terlentang menjadi telungkup (5.8 bulan)
-          Gerak duduk (sit up) yang bebas (8.3 bulan)
-          Berdiri bebas (9.0 bulan)
-          Berjalan dengan bebas (13.8 bulan)
       Dengan demikian maka gerakan-gerakan psikomotorik dasar itu tingkatan penguasaan sudah diprediksi.maka bila terjadi kelambatan-kelambatan dari ukuran normalitas waktu diatas, beraarti menandakan adanya kelainan tertentu.

b.Bermain dan bekerja
       Dengan dikuasainya keterampilan berjalan, anak bergerak sepanjang hari, segenap ruangan dan halaman rumahnya, seperti tidak mengenal lelah kadang-kadang berjalan, berlari, memanjat, dan melompat, dll.
       Hampir setiap benda yang berada di sekitarnya disentuhnya, diguncang, dirobek, atau dilemparnya. Bila kepada bendanya diberikan suatu alat-alat tertentu, mereka mulai dengan menyusun-nyusunya yang menyerupai kontruksi tertentu.
       Mulai usia 4-5 tahun, bermain kontruksi yang fanatik itu akan beralih kepada berbagai bentuk gerakan bermain yang ritmis dan dinamis, walaupun belum terikat dengan aturan-aturan tertentu yang ketat. Pada masa sekolah, permainan fanatic berkembang kepermainan yang realistis dan melibatkan gerakan-gerakan yang kompleks disertai aturan-aturan. Pada masa remaja, kegiatan motorik sudah tertuju kepada persiapan-persiapan kerja, seperti keterampilan menulis,mengetik, dll. Sungguh sangat tepat saatnya untuk dikembangkan.



 BAB II
PENUTUP


A.    Penutup
Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalahini. 
Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatanberikutnya.
           Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.




Daftar Pustaka

1.      Melly Sri Sulastri Rifai,Psikologi Perkembangan Remaja Dari Segi Kehidupan sosial,Penerbit : PT. Bina Aksara

2.      Husdarta,Yudha M.Saputra, Perkembangan peserta Didik. Departemen Pendidikan nasional.

0 komentar:

Posting Komentar